Press Release

Peduli Gizi Remaja putri Indonesia,
JAPFA Foundation Perkenalkan Maria Harfanti Sebagai Duta Gizi
Pemilihan Maria Harfanti sebagai duta gizi untuk jangkau lebih banyak remaja putri melalui semangat dan jiwa muda

Jakarta, 5 Desember 2016 - JAPFA Foundation, sebuah yayasan yang didirikan oleh PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk. (“JAPFA”), secara resmi memperkenalkan Maria Harfanti sebagai Duta Gizi JAPFA Foundation. Maria Harfanti akan menjadi representasi ‘wajah’ dari JAPFA Foundation untuk mendorong segenap pemangku kepentingan, baik dari bidang sains/akademis, sosial-ekonomi dan kreatif agar turun tangan dalam berbagai macam problematika gizi di Indonesia. Berbagai program dan aktivitas yang dilakukan Maria nantinya akan menitik beratkan pada isu kondisi gizi remaja, khususnya remaja putri, yang mempengaruhi kondisi gizi ketika dewasa.

“Demi memaksimalkan potensi pertumbuhan, remaja membutuhkan nutrisi yang tinggi dan cukup untuk memfasilitasi perubahan biologis, fisiologis, dan psikologis yang terjadi pada diri mereka.Khususnya remaja putri sebagai calon ibu, mereka memiliki kerentanan khusus dalam masalah gizi,” ujar Head of JAPFA Foundation Andi Prasetyo pada saat konferensi pers Duta Gizi JAPFA Foundation, hari ini (5/12), di Jakarta. “Pesan ini patut diketahui oleh setiap pemangku kepentingan, karena itulah kami memilih Maria Harfanti menjadi duta gizi dari JAPFA Foundation untuk mengukuhkan upaya kami dalam membangun Indonesia menuju kesejahteraan bersama, dengan memaksimalkan potensi remaja melalui pengembangan pendidikan, gizi, dan olahraga.”

Dipilihnya Maria Harfanti sebagai Duta Gizi JAPFA Foundation merupakan sebuah upaya dari JAPFA Foundation, dalam berperan aktif mengatasi berbagai isu dan persoalan tentang gizi, nutrisi dan pangan khususnya tentang manfaat protein hewani bagi perkembangan gizi remaja putri di Indonesia. Maria Harfanti akan berperan aktif melalui kampanye yang akan berjalan sepanjang tahun, baik di skala nasional maupun internasional. Selain itu, figure muda berprestasi ini juga diharapkan agar dapat menjadi panutan bagi remaja putri, akan sosok yang memiliki gaya hidup sehat dan gizi seimbang.

Maria Harfanti terpilih sebagai Duta Gizi JAPFA Foundation tidak hanya karena posisinya sebagai pemenang Miss Indonesia 2015, akan tetapi melalui penilaian dari pengalaman maupun pembuktian kepedulian sosialnya. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Beauty with a Purpose yang ia raih, pada ajang Miss World 2015, dan sederet penghargaan lainnya.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi saya untuk dapat terpilih menjadi Duta Gizi JAPFA Foundation. Isu kesehatan dan gizi pada remaja Indonesia, khususnya remaja putri, merupakan masalah serius yang perlu mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak,” ujar Duta Gizi JAPFA Foundation Maria Harfanti. “Sangat disayangkan bahwa masih banyak orang Indonesia yang minim akan kesadaran bahwa usia remaja merupakan usia dimana tubuh memerlukan asupan gizi lebih banyak, untuk perkembangan fisik dan mental.Maka dari itu, bersama dengan JAPFA Foundation, kami berharap dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat dalam menyampaikan pentingnya gizi bagi remaja, khususnya remaja putri.”

Pengenalan Maria Harfanti sebagai Duta Gizi JAPFA Foundation ini merupakan bagian dari rangkaian acara Konferensi Indonesia Bergizi (KIB) 2016.Adapun acara yang diselenggarakan oleh JAPFA Foundation ini, akan diselenggarakan pada 6 Desember 2016, di Jakarta dengan tema “Perbaikan Gizi Remaja putri Melalui Sinergi Kemitraan”. Konferensi ini akan mempertemukan berbagai kalangan (funder, intermediaries, implementer/operator dan akademik) untuk bersinergi membuat rancangan awal program peningkatan gizi anak dan remaja Indonesia. Rancangan ini dibentuk berdasarkan pemetaan nasional dan program pemerintah di bidang gizi remaja putri.

***

Tentang JAPFA Foundation
Didirikan di Bulan Juli tahun 2015, Yayasan Korporasi yang didirikan oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk ini memiliki visi “Memaksimalkan potensi Kaum Muda melalui bidang Pendidikan, Gizi dan Olah Raga.

Untuk menerapkan dan mewujudkan Motto JAPFA yaitu “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama” JAPFA Foundation mengemban amanah untuk memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi JAPFA diimbangi dengan kemajuan social ekonomi dari masyarakat sekitar. Dalam rangka mencapai hal ini, Kaum Muda menjadi focus utama karena mereka adalah salah satu factor penting dan juga aspek paling potensial dalam menggerakkan masyarakat untuk maju.

JAPFA Foundation menerapkan prinsip Investasi Sosial dimana setiap program yang akan dilakukan harus direncanakan, diukur, dilaksanakan, dan diawasi sebagai layaknya suatu kegiatan usaha untuk memberikan hasil nyata berupa kemajuan sosial-ekonomi yang diukur melalui berbagai perbaikan, kemajuan, peningkatan mutu di bidang Pendidikan, Gizi dan Kualitas Hidup Kaum Muda; agar mereka mampu memaksimalkan potensi yang mereka miliki, untuk kemudian bangkit berprestasi, memajukan keluarga mereka dan akhirnya meningkatkan kualitas masyarakat dimana mereka tinggal.

Tentang PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk
JAPFA adalah perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan dan penggemukan hewan ternak, budidaya perairan serta produksi vaksin hewan. JAPFA akan terus menunjukkan pengabdian bagi bangsa Indonesia untuk mencapai visi perusahaan yaitu “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :

Herly Gunawan
JAPFA Foundation
Communications & Event Department
Phone: +62 8811-1577-711
Email: herly.gunawan@japfafoundation.org

Fokuskan Pengembangan Gizi Remaja Putri,
JAPFA Foundation Gelar Konferensi Indonesia Bergizi 2016
Minimnya kesadaran gizi pada remaja putri, mendorong JAPFA Foundation pertemukan berbagai kalangan untuk ciptakan rancangan program gizi di Indonesia

Jakarta, 6 Desember 2016 - JAPFA Foundation, yayasan korporasi yang didirikan oleh PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk. (“JAPFA”) bersama Konsorsium Indonesia Bergizi, menyelenggarakan Konferensi Indonesia Bergizi (KIB) 2016. Kegiatan jilid dua dari Konferensi Indonesia Bergizi kali ini kedepankan tema “Perbaikan Gizi Remaja Putri Melalui Sinergi Kemitraan”. Melalui acara yang diadakan hari ini (6/12) di Jakarta, JAPFA Foundation mempertemukan berbagai kalangan (pemerintah, funder, intermediaries, implementer/operator dan akademisi) untuk saling berkolaborasi merancang program peningkatan gizi anak dan remaja Indonesia berdasarkan pemetaan nasional dan program Pemerintah Republik Indonesiadi sector gizi dan nutrisi.

“Kini Indonesia dihadapkan pada permasalahan gizi yang cukup kompleks. Data yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan bahwa, remaja berusia 13-18 tahun memiliki tingkat kecukupan energy sebesar 72,3% dengan proporsi pengonsumsi kurang dari 70% Angka Kebutuhan Energi (AKE), yakni hanya sebesar 52,5%. Demi mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah solusi yang konkret secara bersama-sama,” ujar Head of JAPFA Foundation Andi Prasetyo pada saat acara KIB 2016 berlangsung.

Andi menambahkan, KIB 2016 diharapkan menjadi medium tepat bagi pemangku kepentingan dalam atasi permasalahan gizi di Indonesia. “Pada Konferensi Indonesia Bergizi ini, kami mendorong terjadi dan terbentuknya pertemuan serta kemitraan lintas pemangku kepentingan, baik dari sisi pemerintah, swasta, maupun publik. Bersama-sama, kami berharap dapat menciptakan solusi komprehensif atas permasalahan gizi di Indonesia secara menyeluruh."

Sebelumnya, KIB telah diadakan pada 2015 dengan tema “Perbaikan Gizi Anak – Remaja Melalui Sinergi Kemitraan”. Di tahun keduanya ini, JAPFA Foundation kembali melanjutkan komitmennya melalui kegiatan KIB 2016 dan juga bertujuan untuk memberikan akses informasi maupun pendanaan bagi seluruh khalayak yang peduli terhadap peningkatan gizi masyarakat.

Upaya peningkatan gizi remaja pun didasarkan pada focus utama KIB 2016, bahwa remaja putri diprioritaskan memerlukan asupan gizi lebih banyak. Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), masa remaja di rentangusia 15-18 tahun, merupakan fase awal di mana kebutuhan nutrisi akan terbagi berdasarkan jenis kelamin. Hal ini disebabkan adanya perubahan biologis dan fisiologis, sehingga pemenuhan kebutuhan nutrisi antara remaja laki-laki dan perempuan pun menjadi berbeda. Secara khusus, remaja putri sebagai calon ibu di masa depan memiliki kerentanan dalam masalah gizi. Pada masa inilah, remaja putri mengalami menstruasi awal dalam fase hidupnya. Dalam hal ini, menstruasi menuntut kebutuhan zat besi yang lebih banyak1 .

“Minimnya kesadaran akan pemenuhan gizi dan nutrisi pada remaja putri dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan yang serius di kemudian hari. Masalah gizi yang berpotensi muncul antara lain stunting (perawakan pendek), defisiensi mikronutrien, khususnya anemia defisiensi zat besi, serta masalah malnutrisi,” ujar Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D. “Fokus kami saat ini adalah konsumsi gizi dalam bentuk protein hewani, mengingat saat ini konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia masih terbilang kurang. Kurangnya asupan protein secara konsisten pada masa remaja dapat berakibat pertumbuhan linear berkurang, keterlambatan maturasi seksual, serta berkurangnya akumulasi massa tubuh tanpa lemak.”

Sejalan dengan upaya JAPFA Foundation untuk turut berpartisipasi aktif dalam isu gizi, nutrisi, dan pangan khususnya bagi remaja putri Indonesia, sehari sebelum KIB 2016, JAPFA Foundation mendaulat Maria Harfanti, pemenang Miss Indonesia 2015, sebagai Duta Gizi, representasi “wajah” dari JAPFA Foundation. Bersama dengan berbagai pihak terkait, Maria Harfanti akan mengajak segenap pemangku kepentingan, baik dari bidang sains/akademis, sosial-ekonomi dan kreatif untuk berkolaborasi dalam mengatasi berbagai macam problematika gizi di Indonesia. Maria Harfanti, sebagai seorang figure muda berprestasi, juga diharapkan untuk dapat menjadi panutan bagi remaja putri, terutama terkait dengan gaya hidup sehat dan gizi seimbang.

Berkaitan dengan permasalahan gizi, terutama di kalangan remaja putri, JAPFA Foundation menyelenggarakan KIB 2016, atas dasar kesamaan visi berbagai pihak. Pihak yang terlibat dalam acara ini antara lain JAPFA Foundation, Omar Niode Foundation, SHS, Food For Kids, Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKM UI dan Filantropi Indonesia. Acara ini terdiri dari scientific plenary session bertemakan bureaucracy & advocacy dan creative industry & socio-economic.

Rangkaian kegiatan KIB 2016 pun turut dihadiri oleh Direktur Bina Gizi Ditjen Bina Gizi KIA Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Ir. Doddy Izuardy, MA, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kependudukan BKKBN Republik Indonesia Dra. Flourisa Juliaan Sudrajat, Head of JAPFA Foundation Andi Prasetyo, Duta Gizi JAPFA Foundation Maria Harfanti, Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D, Dekan FKM UI Dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D, Sekretaris Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKM UI, Dr. Drg. Sandra Fikawati, MPH, Omar Niode Foundation Amanda Katili Niode Ph.D dan CEO Kitabisa.com Alfatih Timur. yang memberikan paparan mengenai pentingnya gizi remaja dalam rangka memajukan remaja Indonesia.

[1]http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-remaja

***

Tentang JAPFA Foundation
Didirikan di Bulan Juli tahun 2015, Yayasan Korporasi yang didirikan oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk ini memiliki visi “Memaksimalkan potensi Kaum Muda melalui bidang Pendidikan, Gizi dan Olah Raga.

Untuk menerapkan dan mewujudkan Motto JAPFA yaitu “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama” JAPFA Foundation mengemban amanah untuk memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi JAPFA diimbangi dengan kemajuan social ekonomi dari masyarakat sekitar. Dalam rangka mencapai hal ini, Kaum Muda menjadi focus utama karena mereka adalah salah satu factor penting dan juga aspek paling potensial dalam menggerakkan masyarakat untuk maju.

JAPFA Foundation menerapkan prinsip Investasi Sosial dimana setiap program yang akan dilakukan harus direncanakan, diukur, dilaksanakan, dan diawasi sebagai layaknya suatu kegiatan usaha untuk memberikan hasil nyata berupa kemajuan sosial-ekonomi yang diukur melalui berbagai perbaikan, kemajuan, peningkatan mutu di bidang Pendidikan, Gizi dan Kualitas Hidup Kaum Muda; agar mereka mampu memaksimalkan potensi yang mereka miliki, untuk kemudian bangkit berprestasi, memajukan keluarga mereka dan akhirnya meningkatkan kualitas masyarakat dimana mereka tinggal.

Tentang PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk
JAPFA adalah perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan dan penggemukan hewan ternak, budidaya perairan serta produksi vaksin hewan. JAPFA akan terus menunjukkan pengabdian bagi bangsa Indonesia untuk mencapai visi perusahaan yaitu “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :

Herly Gunawan
JAPFA Foundation
Communications & Event Department
Phone: +62 8811-1577-711
Email: herly.gunawan@japfafoundation.org